Kerajaan Majapahit

Sejarah majapahit pada hakikatnya menerima banyak unsure politis kebudayaan,sosial,ekonomi dari kerajaan singasari.

Sumber sejarah

  • Prasasti butak (1294 m),Di keluarkan oleh Raden wijaya. Memuat tentang peristiwa keruntuhan kerajaan singasari dan periuangan raden wijaya untuk mendirikan kerajaan.
  • Kitab kidung Harsawijaya dan kidung panji wijayakrama.Menceritakan Raden wijaya ketika menghadapi musuh dari Kediri dan tahun tahun awal perkembangan majapahit.
  • Kitab pararaton,menceritakan tentang pemerintahan raja-raja singasari dan majapahit.
  • Kitab Negarakertagama,menceritakan tentang perjalanan hayam wuruk ke jawa timur.
  • Wikrama wardhana (1389-1429 m),Hayam wuruk di gantikan oleh putranya bernama Kusuma wardhani yang menikah dengan Wikrama wardhana.Sedngkan putranya dari selir bernama Wirabhumi di beri kekuasaan di blambangan.Tahun 1400 m.Kusuma wardhani wafat,Wikrama wardhana berniat akan menjadi bhiksu Wirabhumi menjadikan kesempatan untuk merebut kekuasaan majapahit sehingga terjadi perang pregreg (1401-1406 m).dalam perang ini Wirabhumi terbunuh.akibat perang paregreg majapahit semakin lemah.Dan satu persatu wilayah kekuasaan majapahit melepakn diri.Kerajaan majapahit hancur akibat serangan pasukan islam di bawah pimpinan Raden patah.Pada waktu itu yang memerintah adalah Prabu brawijaya V,merupakan raja terakhir,karena setelah wafat Majapahit mengalami keruntuhan (sekitar awal abad ke-16 M).

Hasil kebudayaan majapahit

  • Candi : Panataran (Blitar), Tegalwangi dan Surawarna (Pare,Kedir),Sawentar(Blitar) Sumberjati (Blitar),Tikus (Trowulan).
  • Karya sastra zaman majapahit awal : Kitab Negarakertagama (Mpu prapanca),Kitab Sutasoma dan Arjuna wiwaha (Mpu tantular ),Kitab Kunjarakarna,Kitab parthayajana.
  • Karya sastra jaman majapahit akhir : Kitab pararaton, Kitab kidung Sundayana, Kitab surandoka,Kitab ranggalawe, Kitab panji wijayakrama, Kitab usana jawa, Kitab usana bali, Kitab Paman canggah, Tangtu pagelaran, Calon arang,Korawasrama, Tantri kamandaka dan pancatantra.

Raja-raja yang memerintah

  • Raden wijaya(1293-1309 m) Mwmperistri ke 4 putri Kertanegara, yaitu Tribhuana ,Narendraduhta, Prajnaparamita dan Gayatri. Pada awal pemerintahanya terjadi pemberontakan dari teman seperjuangannya yaitu Sora. Ranggalawe dan Nambi (karena tidak puas dengan jabatan yang di berikan raja). Raden wijaya wafat pada tahun 1309 m,di makamkan di dua tempat Dalam bentuk jina (Budha) di Antapura dan dalam bentuk Wisnu dan Siwa di candi simpang( dekat Blitar).
  • Raja jayanegara Kala gemat (1309-1328 m) Masa pemerintahannya penuh dengan pemberontakan ,di kenal masa suram dalam sejarah kerajaan majapahit Pemberontakan datang dari juru demung (1313 m)Gajah biru(1314 m) Nambi (1316) dan Kuti (1319 m).
  • Raja Tribhuanatunggadewi(1328-1350 m) Masa pemerintahannya terjadi pemberontakan Sadeng (1331 m) Tapi dapat di padamkan oleh Gajah mada dan Adityawarman. Karena jasanya gajah mada di angkat menjadi patih Amangkhu bumi menggantikan Arya tadah. Saat upacara pelantikan , Gajah mada mengucapkan sumpah palapa/tan amukti palapa yang berbunyi Gajah mada tidak akan hidup mewah sebelum berhasil mempersatukan Nusantara di bawah panji kebesaran majapahit pada masa raja Tribhuanatunggadewa.
  • Raja hayam wuruk (1350-1389 Merupakan anak dari Tribhuanatunggadewa dan cakarda. Masa pemerintahannya majapahit mencapai puncak kejayaan.Hayam wuruk dan gajah mada mempunyai pendangan politik yang sama untuk mempersatukan nusantara.Tahun 1351 M terjadi peranrang  bubat gajah mada wafat tahun 1364 M penggantinya di angat 4  orang menteri di bawah pimpinan Punala tanding. Kemudain semuanyadi ganti oleh gajah enggon dan Gajah manguri.Akhirnya Gajah enggon di angkat sebagai patih Mangku bumi.tahun 1379 Thribuanathunggadewi Wafat kerajaan majapahit mengalami ke munduran setelah wafatya Raja hayam wuruk (1389 m) dan patihnya gajah mada.
  • Prabu braijaya V merupakan raja terakhir  majapahit yang menikah dengan putrid campa (islam) mempunyai anak Raden patah  bahasa cinanya  (jin bun). 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: